SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Jumat, 16 Desember 2011

LEBAY DALAM BERAGAMA PART 1

Apa seh itu LEBAY?
Di melayu sendiri ada sebuah adjective/kata sifat yg hampir mirip pelafalan nya dg kata LEBAY, orang biasa menyebut tokoh yg cerdik pandai atau cendikiawan dg sebutan LABAY. Nah tentu saja bukan istilah ini yg kita maksud dalam tulisan ini, karena di lihat dr struktur huruf, ada 1 huruf vokal yg berbeda, dan artinya pun jauh dr apa yg penulis maksud.

Lantas apa LEBAY yang kita maksud?

Konon katanya, Kata lebay pertama kali di populer kan oleh indy barend dan indra bekti di acara ceriwis. Teh indy (sapa'an akrab indy barend) sering menyebut dirinya dg sebutan miss lebay untuk menggambarkan pakaian ny yg menor, norak, serta dg kalung, anting, gelang dan accesoris yg serba waaah/berlebihan.

Dalam kosakata masyarakat Palembang sendiri, di kenal adanya istilah/kata "BALEBAI" atau dalam bahasa indonesia di dapati padanan kata nya dg suatu yg serba "BERLEBIH".

Sehingga bisa kita simpulkan, bahwa kata lebay bisa merujuk pada pengertian "sesuatu yg dilakukan serba berlebihan, baik itu dalam berpakaian (islam:tabarruj), tingkah laku, perkata'an, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar