SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Sabtu, 02 November 2019

Kelahiran Nabi

Jika kita sedikit ingin meluangkan waktu duduk sembari membuka dan menelaah referensi-referensi ulama-ulama ahli sejarah, ahli sirah nabi, yg berkaitan dg kelahiran Nabi Muhammad SAW. Maka kita akan mendapati bagaimana pendapat-pendapat para ahli sejarah, sirah  yg berbeda tentang tanggal kelahiran beliau.

Ada yg mengatakan bahwa beliau lahir di bulan Shafar, Rabiul akhir bahkan 10 muharam, bahkan ada yg mengatakan beliau lahir dibulan Ramadhan.  Tentu semuanya memiliki argumen nya masing-masing, salah satunya untuk menggenapkan 40 tahun usia Muhammad ketika di angkat menjadi Rasul.

Walaupun pendapat mayoritas ulama mengatakan di bulan Rabiul awal, bahkan Al jauzi sendiri menyebutnya sebagai kesepakatan (ijma'). Akan tetapi setelah "mereka",  yg kata Al jauzi bersepakat mengenai bulan nya, kembali pendapat mayoritas ini terpecah mengenai tanggal nya.

Hadits Jabir dan Ibnu Abbas yg mengatakan Beliau lahir 12 Rabiul Awal bukanlah Hadits Shahih. Ibnu katsir sendiri mengatakan hadits ini terputus sanadnya. Apa lg sangat bertentangan dg logika ilmiah pendapat-pendapat Ahli falak atau astronomi Islam.

Merujuk kepada hadits beliau yg lain yg menyatakan beliau lahir di hari senin, sehingga beliau berpuasa pada hari senin untuk merayakan kelahiran nya, maka ada yg mengatakan bahwa hari senin pada bulan Rabiul awal tersebut adalah tanggal 2, ada yg mengatakan tanggal 8, 12, dan 17.

Akan tetapi penelitian kontemporer yg dilakukan ulama ahli sejarah ahli falak terkemuka Sulaiman al mansur fhauri , dan ahli astronomi Mahmud basya Al falaki menyimpulkan bahwa hari senin pagi yg bertepatan dg permulaan tahun dari peristiwa penyerangan tentara gajah  yang di pimpin Abrahah bertepatan dg 20 april tahun 571 Masehi. Dan ini bertepatan dengan 9 Rabiul Awal. Inilah pendapat terkuat sampai saat ini yg pernah ada.

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ

Wallahu ta'ala a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar