SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Rabu, 20 Agustus 2014

BAHAGIA ITU SEDERHANA, TAPI........

Kali ini saya ingin membuat sebuah tulisan tentah kata "Bahagia", bukan deskripsi panjang lebar, rumit, berbelit-belit. Tapi deskripsi yang sederhana, sesederhana kebahagiaan yang sering dipahami orang-orang. "bahagia itu sederhana" tutur mereka.

Kalau orang-orang sering mengatakan "bahagia itu sederhana", maka saya akan menambahnya dengan kalimat jika "bahagia itu sederhana, maka kesederhanaan itu tidak lah sederhana".

Hampir semua orang mungkin bisa bahagia dengan naik mobil, motor atau kendaraan mewah lainnya, yg bahagia dengan hanya naik sepeda? Hanya orang-orang tertentu. Hampir semua mungkin akan bahagia dengan makanan mahal dan berlimpah, tapi mungkin, hanya penyanyi dangdut sekelas Hamdan ATT (maaf kalau referensinya maksa) yg bisa bahagia makan sepiring berdua. Kebahagiaan seringkali bias dengan kepuasan, dan kepuasan manusia itu tidak ada batasnya. Sehingga jika patokan sebuah kebahagian itu adalah kepuasan, ada kemungkinan jika seseorang tidak akan pernah bahagia seumur hidupnya. Itu! (sambil jari telunjuk nunjuk, kaya mario teguh :D )

kebahagiaan adalah sesuatu yg tidak bisa diukur. Itu sebabnya seseorang dan siapa saja dengan sangat mudah bisa mengklaim bahwa dirinya bahagia. Kecantikan masih bisa diukur, setidaknya ada kontes kecantikan. Kecerdasan masih bisa diukur, ada satuan IQ salah satunya. Kekayaan? Mudah sekali, berapa total aset yang kamu miliki, tapi kebahagiaan? Tidak bisa! Sehingga sangat mudah untuk mengklaimnya. "dasar kamu bodoh, miskin, jelek lagi" | "yang penting aku bahagia", perkara selesai!

Kebahagiaan apakah berdasarkan kepuasan? Karena kepuasan itu tolak ukurnya adalah selera, sedangkan kebanyakan kita seleranya terkadang jauh melampaui kemampuan dan keadaan. Lantas apakah mereka yang memiliki selera sederhana itu lalu tidak bahagia? Tentu tidak demikian bukan?

Kebahagian itu tergantung kepada bagai mana, dan seperti apa kita menikmati apa yang ada, jika kebahagiaan itu sederhana, maka kesederhanaan yang disyukuri, itulah yg membuat bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar