SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Rabu, 20 Agustus 2014

BENARKAH IA BERNAMA "IZRAIL"?

Sudah sangat masyhur dikalangan masyarakat dan umat islam pada umumnya mengenal nama Izrail sebagai nama seorang Malaikat yang disehari mandat oleh Allah SWT sebagai pemutus kenikmatan duniawi setiap makhluk, atau pencabut nyawa. Bahkan nama ini kian masyhur ditengah masyarakat kita, dan semakin lekat sebagai nama malaikat Pencabut nyawa ketika ia muncul dibeberapa syair lalu Religius.

Namun ternyata penamaan tersebut sama sekali tidak pernah disebut di dalam alqur'an maupun Hadits Nabi SAW. Tidak satupun dari dua sumber utama ini yg merujuk Nama "Izrail" sebagai nama malaikat pencabut nyawa.

Ibnu Katsir sendiri dalam Al bidayah Wal hinayah mengatakan bahwa "Izrail" tidak pernah disebutkan secara tegas sebagai nama Malaikat yg diserahi tugas untuk mencabut nyawa, baik dalam Alqur'an maupun Hadits Nabi SAW, ia hanya disebut dalam sejumlah atsar. Hal senada juga dikuatkan munawi dalam Faidul Qadir dan As sanadi. Bahkan syaikh albani dan utsaimin sendiri memiliki pendapat yg lebih keras berkaitan dengan ini, beliau mengatakan penamaan "Izrail" sendiri berasal dari kisah-kisah Israiliyat yang sama sekali kita tidak dituntut untuk mengimaninya.

Lantas siapakah nama malaikat tersebut?
Jika kita merujuk dalam As Sajdah ayat 11, Allah SWT tidak pernah menyebut secara spesifik akan nama khusus akan malaikat ini, hanya menyebut bahwa malaikat tersebut bernama "Malakul Maut".

Wallahu ta'ala a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar